Rabu, 01 Juli 2009

Alam Gambar Dua Mata di Langit Besakih


Seperti yang beredar luas dikalangan warga sekitar Pura Besakih tentang sebuah video fenomena alam berupa gambar dua buah mata di langit Besakih yang diperkirakan terjadi pada puncak Karya Panca Wali Krama 2009 yang lalu. Kejadian yang aneh serta berbau mistis ini bahkan sempat dipublikasikan oleh sebuah harian lokal.

Video yang berdurasi 1 menit 12 detik ini memperlihatkan suasana agak gelap dalam cuaca hujan disertai gemuruh hujan angin dan petir.

Di dalam video ini sangat jelas nampak rangkaian awan yang menyerupai gambar dua buah mata dengan sorot mata yang tajam dan menyeramkan. Pada awal menyaksikan video ini, kesan menyeramkan sangat kental terasa, backsound lagu spiritual menambah kental nuansa mistisnya, apalagi kalau hal ini dikaitkan dengan sebuh prosesi keagamaan yang hanya terjadi 10 tahun sekali di Pura Besakih.

Terlebih lagi issue nya bahwa video ini diambil oleh seorang penekun spiritual yang pedek tangkil (Sembahyang) ke Pura Besakih pada H-1 menjelang prosesi Melasti Karya Agung Panca Bali Krama.

Dengan tidak mengurangi rasa hormat atas keagungan Ida Sang Hyang Widi Wasa sebagai Tuhan penguasa alam semesta, tim redaksi Bali Kami dibantu tim teknis dari Studio Kami mencoba melakukan analisa imliah tentang video ini.

Dari hasil pengamatan tim Bali Kami, ditemukan video serupa yang terjadi sekitar bulan Oktober 2007 di sebuah kawasan di Ukrania. Video yang serupa ini berdurasi lebih panjang sekitar 2 menit 44 detik dengan backsound suara gemuruh angin ribut serta pembicaraan beberapa orang dalam bahasa yang tidak kami mengerti dan dipastikan bahwa bahasa yang digunakan oleh orang - orang itu adalah bukan bahasa Bali.


Tim Bali Kami menyimpulkan bahwa dugaan Video Fenomena Alam Gambar Dua Mata di Langit Besakih kemungkinan besar adalah video yang sama dengan fenomena alam yang terjadi di Ukrania, nampaknya video ini sudah mengalami proses editing dan penggantian backsound menjadi lagu - lagu spiritual.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar